Sabtu, 06 Juni 2009

BAB 4 PENGUJIAN ALAT

Setelah perencanaan atau perancangan yang dibuat untuk proyek Tugas Akhir semester Remote Control via Handphone dengan Metode DTMF berbasis Mikrokontroler, dilihat dari alat dan rangkaian serta pembuatannya dan masalah-masalah yang dihadapi dalam pembuatan Tugas Akhir tersebut, setelah langkah tersebut telah dilakukan maka kita harus melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu pada tahap pengujian alat dan software yang telah dibuat, ini dilakukan untuk mengetahui apakah telah berjalan sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak.


Pengujian Alat dan Rangkaian

Di dalam pengerjaan suatu proyek Tugas Akhir Semester, disamping dituntut untuk harus menguasai dasar-dasar dan masalah-masalah tentang elektronika dan komunikasi data dan jaringan yang berhubungan dengan proyek Tugas Akhir Semester tersebut, suatu hal yang juga dituntut adalah keharusan dalam melakukan pengujian alat dan rangkaian. Dengan dilakukannya pengujian alat dan rangkaian tersebut dimaksudkan agar dapat melihat secara langsung bagaimana cara kerja alat yang dibuat, apakah alat dan rangkaian tersebut telah memenuhi kriteria dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan diharapkan sebelumnya. Sehingga apabila hal tersebut belum tercapai atau masih terdapat kendala dan kekurangan-kekurangan terhadap alat dan rangkaian tersebut, maka perbaikan terhadap alat dan rangkaian tersebut dapat dilakukan sesegera mungkin.


Cara Kerja Alat dan Rangkaian

Adapun cara kerja dari alat dan rangkaian pada Tugas Akhir Semester kali ini, yaitu:

Pada sepanjang waktu handphone penerima harus selalu dalam keadaan standby untuk menunggu adanya panggilan masuk. Pengguna dapat menggunakan perangkat telepon rumah ataupun handphone untuk melakukan panggilan terhadap handphone penerima. Handphone akan menerima panggilan secara otomatis karena berada pada mode handsfree.
Pada saat terjadi komunikasi antara telepon pengguna dengan handphone penerima, maka pada saat itulah yang memungkinkan terjadinya proses pengiriman data DTMF yang kemudian dapat diolah lebih lanjut oleh mikrokontroler. Di dalam PIC16F877A sudah dibuat program untuk membaca kode-kode dari data DTMF yang Mana kode tersebut dimaksudkan untuk mengendalikan chanel-chanel output yang telah terpasang.


Batasan dan Kekurangan Alat

Pada setiap pengerjaan alat pasti ada kekurangan dan tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan proyek Tugas Akhir Semester yang penulis buat memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:
Alat ini tidak dapat difungsikan jika berada di kawasan atau daerah-daerah terpencil yang belum tersedianya jaringan sinyal telepon selular, karena alat ini memerlukan jaringan sinyal tersebut sebagai hal yang paling utama untuk dapat melakukan komunikasi dengan handphone penerima.
Ketika terjadi gangguan dalam jaringan sinyal, maka alat sementara waktu tidak dapat difungsikan sampai menunggu jaringan sinyal tersebut normal kembali.


Pengujian Software

Salah satu langkah penting dalam pembuatan Proyek Tugas Akhir Semester ini adalah melakukan pengujian software karena yang penulis gunakan adalah mikrokontroler PIC16F877A sebagai otak pengendali dari jalannya system, maka software amat berperan penting untuk menjalankan program yang telah disusun dan direncanakan sebelumnya. Di dalam pembuatan software harus benar-benar diperhatikan ketelitian dalam cara penulisannya, karena sedikit saja terjadi kesalahan dalam penulisannya maka akan berakibat fatal terhadap program yang telah dibuat.

Adapun dalam pembuatan software, penulis menggunakan perangkat lunak Crownhill Proton (Picbasic Plus) yang telah diinstal sebelumnya pada komputer yang digunakan untuk penulisan bahasa basic yang akan di compile ke bahasa assembler sehingga menjadi sebuah software yang akan diisikan ke dalam chip mikrokontroler PIC16F877A yang merupakan produk dari Micochip, dan chip ini sudah kompatible terhadap bahasa assembler tersebut.
Setelah pembuatan software selesai dikerjakan, maka hal yang selanjutnya dilakukan yaitu men’compile’ software tersebut menggunakan tinybld193 dimana pada peristiwa ini perangkat lunak Crownhill Proton (Picbasic Plus) akan mendeteksi apakah ada kesalahan dalam ejaan atau struktur bahasa yang ditulis. Jika terdapat adanya kesalahan maka perangkat lunak Crownhill Proton (Picbasic Plus) akan menginformasikan dimana letak kesalahan tersebut sehingga akan mempermudah dalam memperbaikinya. Kemudian langkah terakhir yang dilakukan adalah mendownload software tersebut ke dalam chip mikrokontroler PIC16F877A agar chip ini dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengujian software ini sudah dilakukan pada saat pembuatan program yaitu dengan cara peng’compile’an program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar