Sabtu, 06 Juni 2009

BAB 1 PENDAHULUAN

Di dalam bidang telekomunikasi, mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam hal penemuan alat-alat telekomunikasi dengan berbagai macam aplikasi baru. Contohnya seperti handphone, dalam project ini penulis mengaplikasikan handphone sebagai media untuk pemberi perintah sebuah miniatur instalasi peralatan listrik dengan menggunakan mikrokontroler sebagai otak kerja utamanya.


Maksud dan Tujuan

Penulis mengangkat judul di atas dengan maksud untuk melengkapi mata kuliah Komunikasi Jaringan dan Komunikasi Data yang merupakan akumulasi dari ilmu yang dipelajari sebelumnya. Tugas ini merupakan persyaratan nilai untuk mata kuliah semester 4 program studi D3 Mekatronika Universitas Sanata Dharma. Selain itu tujuan kami pengangkat judul tersebut adalah

  1. Mengaplikasikan kecanggihan teknologi handphone dan mikrokontroler menjadi sebuah alat pengontrol instalasi jarak jauh sebagai salah satu hasil yang mempunyai manfaat dalam perkembangan sistem pengontrolan dalam dunia elektronik
  2. Memberikan tambahan jenis pilihan kepada masyarakat untuk memilih jenis pengontrol instalasi listrik yang mempunyai kelebihan dalam hal jarak pengontrolannya.
  3. Menanggulangi permasalahan dalam hal pengontrolan instalasi listrik suatu tempat yang mana pengontrolannya diinginkan bisa dilakukan dari jarak jauh mengingat si pengontrol mempunyai kendala waktu jika harus mendatangi objek pengontrolan untuk melakukan pengontrolan.

Manfaat Proyek Tugas Akhir

Proyek Tugas Akhir semester dengan tema pengendali peralatan listrik jarak jauh ini dibuat oleh penulis dengan manfaat-manfaat sebagai berikut

  1. Alat ini dapat memudahkan seseorang untuk melakukan pengontrolan instalasi listrik suatu tempat tanpa harus mendatangi objek pengontrolan tersebut.
  2. Alat ini dapat dijadikan sebuah contoh aplikasi dari penggabungan teknologi handphone dan mikrokontroler yang masih bisa dikembangkan dengan arti tidak hanya terbatas kegunaannya pada pengontrol instalasi listrik saja, tetapi bisa juga dibuat dengan jenis pengontrolan-pengontrolan yang lain.
  3. Alat ini dapat menjadi acuan dasar pembuatan sebuah produk alat pengontrol instalasi listrik jarak jauh yang mana sekarang masih belum ada dijual dipasaran.

Batasan Masalah

Penulis memberikan batasan-batasan masalah mencakup:

  1. Sistem kerja dasar dari mikrokontroller PIC16F877A sebagai minimum system, termasuk program dan cara kerja alat Mikrokontrollernya.
  2. Pada proyek Tugas Akhir kali ini hanya memanfaatkan pengambilan hasil pengkonversian data sinyal DTMF (Dual Tone Multiple Frequency) mejadi data biner saja tanpa meneliti lebih dalam bagaiamana prosesnya, sehingga data biner tersebut sudah dapat digunakan dan dikelola oleh mikrokontroler sebagai data input.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar